May 2, 2015

Sudah Lama Tidak Jatuh pada Satu Hati

Sudah lama aku tidak merasa
Degup hati yang berpacu cepat
Kala aku melihat dia
Setelah sekian lama
Bahkan kini hampir lupa rasanya

Kemudian, di tengah alunan lagu yang sedang berputar ini
Aku teringat dia

Sudahkah aku jatuh pada satu hati lagi?
Ataukah mungkin
Ini hanya perasaan yang menggambarkan
Begitu besarnya inginku
Untuk jatuh pada satu hati lagi?

February 8, 2014

Sudah ngapain aja di bulan Januari kemarin?

Selamat siang. Akhirnya, sampailah saya pada penghujung liburan semester saya. Ga kerasa, sudah satu semester saya mengikuti perkuliahan di Fakultas Psikologi UI. Ah, senang rasanya bertemu orang-orang baru dan hebat di sana.

Libur telah usai, otomatis semester baru akan segera dimulai. Otomatis juga sekarang sudah masuk bulan Februari. Ah, gila. Lagi-lagi ga berasa. Tau-tau sudah memasuki bulan Februari aja. Pikiran saya pun berputar ke memori satu bulan lalu, bulan Januari. Kemudian tersadar, sekarang sudah bulan Februari. Ah, udah ngapain aja gue di bulan Januari kemarin?

Sejujurnya saya menyusun beberapa resolusi 2014 (yang saya harap akan tercapai di tahun ini). Bersamaan dengan harapan itu, saya menempel resolusi pribadi saya di dinding kamar saya. Biar gak lupa, hehe. Tapi kenyataannya, sudah satu bulan berlalu tetap saja saya belum memenuhi resolusi saya tersebut. Ah, sedih. Kelalaian saya sendiri yang membuat diri saya kecewa.

Sebelum memasuki libur semester ini, saya sebenarnya sudah merancang agar liburan saya yang satu bulan lebih ini tidak sia-sia, terutama di bulan Januari. Salah satunya yang terpenting yaitu menghabiskan waktu lebih banyak dengan teman-teman SMP saya. Hahaha ini sih untuk melepas rasa rindu kami. Tuntutan pendidikan memaksa kami untuk harus berpisah kota. Ada yang harus menempuh ilmu ke Surabaya, ada pula yang harus ke Bandung. Iya, kehilangan rasanya. Makannya, saya merasa harus bertemu dengan mereka-mereka ini hahaha. Dan ya, yang satu ini kesampean! Meskipun gak full team, tetep aja bisa memenuhi rasa rindu. Yay!

Selain bertemu dengan teman-teman, saya juga merencanakan untuk mengikuti kursus yang dapat menunjang hobi baru saya. Sudah mendaftar, sudah menentukan jadwal, eh taunya saya harus merawat Kakak saya yang tersayang (ehm) yang baru saja dioperasi usus buntu. Ah, biarlah gagal kursus kali ini. Keluarga memang harus diutamakan bagi saya haha. Tapi ya..tetap saja sih saya kecewa.

Untungnya kekecewaan saya ini tidak berlarut lama. Di bulan Januari kemarin, saya memperoleh sebuah kabar gembira. Ga tau kenapa, seneng rasanya bisa lolos seleksi dan bergabung bersama BEM FPsi UI 2014. Setidaknya ini saya jadikan obat kekecewaan saya karena belum jadi mengikuti kursus tadi hahaha.

Memang pada dasarnya saya tidak ingin menghabiskan liburan ini tanpa kegiatan apapun, saya pun bergabung bersama kepanitiaan Tenda Purnama, acara perayaan wisuda bagi senior-senior saya yang sudah menyelesaikan studinya di FPsi UI. Saya belajar banyak dari kepanitiaan kali ini. Dari yang awalnya hanya iseng-iseng main photoshop, belajar-belajar sendiri tapi tetep aja gak ngerti, akhirnya…poster pertama saya dicetak dan disebarluaskan di fakultas juga di jejaring sosial lainnya. Huaa seneng sekaligus terharu :”)

Begitulah Januari atau awal 2014 saya. Tidak semulus yang saya rencanakan. Kesal, amarah, bahkan sedih telah saya rasakan. Bahkan sempat terlintas di pikiran saya “awal tahun gue sial banget sih”. Tapi Astagfirullah, saya tidak boleh berpikiran seperti itu. Setelah saya ingat-ingat, banyak pula kejadian sederhana yang menyenangkan bagi saya. Bahkan mengingatnya saja terkadang membuat saya tersenyum sendiri haha.

Kemudian terlintas sebuah pepatah di benak saya. Beginilah hidup. Kadang kita berada di atas, kadang juga dibawah. Jangan mudah putus asa, jangan mudah kecewa, jangan mudah pula sombong. Baiknya kita nikmati saja waktu yang kita hadapi sekarang :)


Percaya :)


Poster perdana :p

January 9, 2014

Anin si Maba Unyu #part1

Ola!
Seperti yang gue janjikan...gue akan menceritakan kehidupan perkuliahan gue di sini. Yaaayy I know you're excited! ....aren't you?
Well whatever you're excited or not, gue tetap akan menceritakan kehidupan awal perkuliahan gue. Hahahaha!

Sebelumnya gue akan memberi alasan kenapa gue seneng kuliah di kampus gue sekarang:
1. Karena gue emang pengen
2. Ada Alfamart dan ATM
3. Gue nemu temen2 yang asik, cihuy, dan nyenengin (ini penting banget)
4. Banyak jualan makanan enak (ini yang bikin gue gendut!)
5. Deket sama stasiun UI (jadi ga perlu naik bikun, yay!)
6. Deket sama perpusat
dan masih banyak alasan-alasan lainnya yang bikin kehidupan awal perkuliahan gue berwarna (meskipun ga dipungkiri ada juga masa-masa mendung..)

So, kehidupan awal gue sebagai mahasiswa dimulai dari sini..

Di universitas atau fakultas manapun, pasti ada yang namanya masa ospek atau apapun nama lainnya. Intinya ospek. Masa perkenalan mahasiswa baru dengan tempat barunya, kampus. Atau yang lebih intim lagi, lingkungan fakultasnya. Untungnya gue merasa baik-baik aja selama ospek dan untungnya bisa melaluinya dengan lancar. Yah, meskipun kena tegur dikit, tapi itu hal yang biasaa. Ga ada sama sekali kekerasan fisik (atau bahkan kontak fisik) yang gue rasakan antara senior ke junior selama masa ospek. Honestly gue sedih dan prihatin banget pas denger ada maba yang kehilangan nyawanya pas masa ospek. Masa ospek maba itu ada untuk membiasakan mabanya di dunia perkuliahan yang emang beda banget sama dunia SMA. Nah, masa inilah yang seharusnya membantu maba untuk beradaptasi. Jadi kalo sampe kejadian seperti itu, namanya udah melenceng banget. Yah, sekali lagi turut berduka cita sedalamnya ya..

Rasanya canggung waktu awal-awal di sana. Deg-degan sama tugas ospek. Deg-degan sama atribut selama ospek. Deg-degan sama materi kuliah yang ternyata seabrek-abrek dan tau-tau minggu besoknya kuis 3 bab. Deg-degan pula sama tugas-tugas yang nguaaalir kayak air. Tiap baru keluar dari kelas, ngeluarin buku catetan, adaaa aja tugas yang harus dilakukan. Bahkan deg-degan tiap ketemu senior. Great. (Ini gue rasa gue doang yang emang orangnya gampang deg-degan)

Adaptasi dari masa SMA ke masa kuliah menurut gue sangatlah tidak mudah. Awalnya gue berpikiran "ah, 18 sks. Dikit kok.." "ah, sehari cuma satu (atau dua) matkul doang. Asik, pulang cepet..". Eh taunya, hell no. I was wrong. Tapi ya ga completely wrong sih. Ada juga hari pas cuma 1 matkul dan jam 10 udah selesai tapi gue males pulang hehe. Tapi ya itu, sekali-sekali. Biasanya sih........apa lagi kalo ga nugas?

Hal pertama yang bikin gue wow pas pertama kali masuk kelas yaitu "wah, pake AC...". Duh maap yak abis saya sekolah 12 tahun kaga pernah nih ngerasain ada AC di kelas (kecuali lab komputer). Iya, emang melas ya :")
Terus kemudian...dosen gue di hari pertama kuliah itu masuk. Beliau namanya Mbak Vivi. Masih muda dan kalau ngajar itu kelihatannya passionate banget gitu. Jadi gue pun semangat kalau diajar sama dia. Senengnya lagiii gue ada 2 matkul yang diajar sama beliau, SAP (sejarah aliran psikologi) dan Psium (Psikologi umum). Tapi sayangnya setelah UTS, Mbak Vivi udah ga ngajar gue di kelas psium lagi :( tapi gapapa karena gue masih diajar sama beliau di kelas SAP, fufufu.

FYI, SAP ini materinya seabrek-abrek. Sekalinya kuis bisa 2-3 bab. Kalau UTS/UAS bisa....yah coba aja itung kalo tiap kuis aja 3 bab :") Pas UTS gue kena 8 bab dan pas UAS kena 9 bab. Untung...udah kelar *ngos-ngosan*

Nah, yang membuat gue harus beradaptasi lagi itu, textbooks nya full English. Bukan gue gabisa bahasa Inggris sama sekali. Cuma kan ya...tetep aja gitu. Gue ga pernah masuk kelas internasional sebelumnya yang emang biasanya pake buku berbahasa Inggris buat pelajarannya. Jadi ya... gue harus siapin aja kamus pas buka textbooks nya haha. Nah, yang nyebelinnya nih! Suka ada istilah psikologi yang pake bahasa Inggris dan yang gue ga tau artinya, pas gue cek di kamus artinya malah ga nyambung sama konteks kalimatnya, atau malah nggak ada di kamus. Wah lha ya...ini nih pentingnya belajar bareng temen-temen. Bisa tukar pikiran dan yang penting, bisa meluruskan pemahaman-pemahaman melenceng kita. Hihihi.

Kalo kuliah ga ada tugas, kayaknya...kurang, LOL. Tapi beneran, karena semester 1 kemarin banyak waktu kosong, akhirnya waktu kosong ini bisa dimanfaatin buat ngerjain tugas (atau buat yang rajin bisa memanfaatkan waktu ini buat belajar materi yang didapet dari kelas dan nyiapin bahan buat kuis atau ujian mendatang, hahaha). Sering banget nih kejadian kita disuruh ngerjain tugas berkelompok. Kemudian di matkul lain disuruh bikin kelompok juga. Akhirnya lo bingung sama anggota kelompok lo sendiri karena kebanyakan kelompok yang harus kerja bareng. Well yeah, that's what happened to me. Dan seriously, ngumpul sama anggota kelompok secara lengkap itu ga semudah yang gue bayangkan. Kadang ga bisa lengkap karena si A ada kumpul sama kelompok buat matkul lain. Kadang ga bisa lengkap karena si B lagi sibuk ngurusin kegiatan X jadi dia harus dateng rapat atau nyelesaiin urusannya itu. Kadang ga bisa kumpul lengkap karena si C ada kelas pengganti dari matkul lain. Dan berbagai alasan lainnya sampe akhirnya gue berpikir, "tugas kelompok ternyata...ga segampang itu".

Intinya sih pinter-pinter bagi waktu ajaah.

Ah, dan masalah yang sering banget hadir di kalangan mahasiswa baru: plagiarism.
Plagiarism itu sungguh amat diharamkan bagi insan pelajar (....gitu sih kata dosen gue). Semua yang kita tulis di tugas apapun harus bisa dipertanggungjawabkan. Dalam artian, dari mana kita dapet data itu. Apakah itu fakta atau opini. Kalau opini, opini dari siapa. Tahun berapa, di mana ia ngomong itu. Harus lengkap dan harus ada sumber atau daftar pustaka. Karena gue dari psikologi, penulisan sitasi di fakultas gue mengacu sama APA (American Psychological Association). Dan ya...ga boleh bosen-bosen liat panduan APA dan cantumin sumber biar ga dicap plagiarism.

Kemudian, jam tidur.
Ini sih kayaknya jadi masalah di semua kehidupan mahasiswa ya haha. Gue merasakan gimana harus bangun dan menyelesaikan tugas sampe baru bisa tidur jam 3 atau jam 4 pagi...Gue merasakan betapa pentingnya margin kanan kiri atas bawah, dan kalo salah harus print ulang..Ah, penuh warna.
Untungnya di semester 1 gue sering dapet kelas yang masuk siang. Jadi kalau malemnya gue harus begadang, gue bisa lanjut bobo cantik sampe seenggaknya jam 8 atau jam 9 pagi. Atau kebalikannya, kalo gue ga kuat melek dan kemudian tertidur dengan cantik, paginya gue masih punya waktu buat ngerjain tugas yang belum kelar. Ho-ho-ho! Ah semoga jam kuliah gue di semester 2 nanti bisa enak juga hihi~

Well then, to be continued.. ;p

January 1, 2014

It's 2014 Already!

Hello people! It's been a long time since my last post in this blog huhu. How have yall been? I've been busy with college things haha, maba. Well sebenernya ga sesibuk itu juga sih, emang dasar guenya aja yang mager nulis haha. Rasanya banyaaakk sekali hal yang mau gue share di blog ini, terutama sharing kehidupan gue sebagai mahasiswi semester awal hehe. Well then I'll share later on!

Okay so today is the first day in 2014. HAPPY NEW YEAR PEOPLE! How was your new year's eve last night? Mungkin ada yang ke luar kota, atau mungkin ke luar negeri untuk merayakan tahun baru ini. Hmm well me, I had nothing special actually. I only stayed at home and watched dvd haha. I planned to stay up till morning comes, but then my eyes didn't say so. So I slept at about 11pm, really closeee to the new year's countdown! Bangun-bangun ternyata sudah jam 6.30am. Ah, baiklah.

Resolusi 2014? Haha pasti ada lah buat gue. Tapi cukup gue saja yang tau resolusi pribadi gue. Starting a new year will be good with new year resolutions I think. Jadi bisa memperjelas apa aja yang mau kita tuju di tahun baru ini. Hm sebenernya kalau tiap bulan kita punya resolusi bakalan lebih bagus lagi. Tapi buat gue pribadi, yah..gue mungkin tidak akan setelaten itu buat menyusun rencana per bulan hihi. Ah, tapi bolehlah dicoba! Let's see seberapa telaten kita dalam menyusun rencana :p

2013 has been a good year for me. Diberi kesehatan sama Allah sehingga bisa menjalani hari-hari. Reached the goal which I had been wanting for years. Ketemu sama orang-orang baru yang sangaaat menginspirasi dan memotivasi. Tetap menjalin komunikasi yang baik dengan orang-orang yang sudah lebih dulu dikenal. Bisa membahagiakan orang-orang di sekitar. Dan masih banyaaak lagi hal-hal yang gue syukuri di tahun 2013 kemarin. Meskipun memang, tidak benar-benar mulus perjalanan tahun 2013 ini. Tetap aja masih nemuin cobaan, sakit hati, dan segala hal yang tidak mengenakkan lainnya. Yah memang, life is about experiencing the ups and downs. Kadang di atas, kadang di bawah. Intinya, tetap bersyukur :-)

Datangnya tahun baru tentu mengiringi pula harapan-harapan baru di tahun mendatang. Apalagi bakalan ada momen-momen berharga di 2014 ini. Ada World Cup, daan ada pemilihan presiden Republik Indonesia! Waah sudah 8 tahun yah Pak Beye menjabat, sebentar lagi akan ada penggantinya Pak Beye. Ga muluk-muluk, harapan gue Indonesia bisa lebih makmur, maju, dan sejahtera di tangan pemimpin baru nanti. Amin..

Jadi makin ga sabar nemuin kejutan-kejutan di 2014 ini hihi. Anyway..keep waiting for my other postings, people! ;)
   

August 7, 2013

Ramadhan Tahun Ini

Assalamu'alaikum Wr Wb teman-teman sekaliaann!

Ga berasa ya, bener-bener ga berasa kalo hari ini puasa hari terakhir. Sooo, how's your Ramadhan this year people? Mine, just like last year. Kalo ada undangan bukber ya dateng. Kalo enggak yaaa buka di rumah terus abis isya tarawih di mushola deket rumah. Hm tapi tahun ini ga banyak acara bukber yang gue hadiri. Ga tau ya, mungkin karena lagi kere jadi males ke mall. Terus suka ada jadwal yang bentrok gitu (ea shibuk neh). Yaaa jadi, yaudahlah yang penting buka puasa haha.

Kalo soal ibadah sih, jujur gue malah biasa aja kayak hari-hari biasa. Huhu nyesel sih, masih kurang puas nabung pahalanya. Padahal nargetin khatam qur'an di bulan Ramadhan ini eh ternyata....tidak bisa. Faktor utama: Males. Gara-gara sepanjang bulan Ramadhan ini gue libuurrrr, tidak seperti semasa SMA lalu, gue melakukan pembalasan dendam tidur setelah sahur. Malem tidur jam 1 pagi. Jam 4 kurang bangun buat sahur. Terus abis sholat subuh tidur lagi. Eh tau-tau liat jam udah jam 12 siang atau jam 1. Yah sudahlah kalo udah kayak gitu langsung menuju ruang TV, nyalain TV, nonton sambil duduk manis leyeh-leyeh manja. Atau ngga mengangkat gagang telepon, atau sms, menghubungi Kartika, terus bilang "Kar, main yuk. Gue ke rumah lo ya. Atau ngga lo ke rumah gue". Udah, gitu-gitu aja kehidupan gue. Sedih, harusnya gue memanfaatkan waktu buat tadarusan, atau tadarusan bareng sama Kartika (cihuy)... *wind blows*

Tahun ini, InsyaAllah kalo hari ini full puasanya sampe magrib, berarti gue bolong 5 hari. Yah maklumlah ya, cewek... selalu kedatengan tamu bulanan, yang ga absen juga datengnya di bulan Ramadhan ini. Eh tapi pernah loh gue beberapa tahun lalu dapet puasa full 30 hari. Gara-garanya gue periodnya mundur. Beberapa hari setelah lebaran baru dateng tamunya hehe. Sayangnya tahun ini ga gitu lagi. Huhu..

Hmm ngomongin bulan Ramadhan, pasti identik nih sama yang namanya mudik, apalagi udah deket-deket Lebaran gini. Gue bukan golongan yang sering mudik, seringnya main ke luar kota hahaha. Mudik itu kan pulang ke kampung halaman ya. Nah masalahnya itu, kampung halaman gue....
Dari nyokap, dulu pas eyang masih ada, eyang tinggalnya bareng sama keluarga gue. Otomatis gue ga usah jauh-jauh ke kampung halaman buat nemuin eyang kan? Hehe.
Terus dari bokap, kampung bokap gue itu jauuhh. Di Dumai, Riau. Kalo mau ke sana berarti harus nyiapin budget yang ga sedikit juga kan, jadi ga tiap tahun bisa ke sana.
Nah, biasanya nih, musim-musim mudik gini, meskipun bukan kampung halaman yang dituju, keluarga gue ga mau ikutan kalah ngerasain keseruan main ke luar kota. Destinasinya sih yaa biasanya Jogja. Karena di sana ada beberapa keluarga gue. Terus selain itu entah kenapa Jogja itu ngangenin. Apalagi makanannya. Hmmm....eh aduh masih puasa mbak.
Tahun ini, kayaknya sih gaada rencana buat main ke Jogja. Jatah liburan gue semakin menipis. Gue udah mulai masuk tanggal 14 Agustus. Sementara kakak gue baru pulang ke Jakarta tanggal 4 kemaren. Yah jadi agak susah kalo mau ke luar kota karena waktunya pendek.

So, how about you people? Apa nih yang bakal lo lakuin di Ramadhan hari terakhir ini? Kalo gue sih, kayaknya bakal bantuin nyokap bersih-bersih rumah dan nyiapin hidangan khas Lebaran. Yaa kawanan ketupat itulah haha oh iya, ditambah kue-kue kering juga. Menu yang biasanya hadir di meja makan keluarga gue itu ada ketupat, opor ayam, sambal goreng ati, sambal goreng labu, dan ditambah bubuk kedelai sama kerupuk buat pelengkap. Hmm rasanya pengen nambah terus! Haha aduh dari tadi ngomongin makanan melulu nih.

Ya udah deh, semangat ya puasanya hari terakhir ini! Semoga menjadi berkah buat kita semua yang menjalankan. Amiiinnn..

Eit, bentar dulu. Sebelum mengakhiri posting kali ini, ada baiknya kalo kita make a wish dulu.

"Ya Allah, terimalah ibadah kami di bulan yang penuh berkah ini. Izinkanlah kami untuk bertemu dengan bulan Ramadhan di tahun-tahun berikutnya bersama orang-orang tercinta kami. Dekatkan dan ingatkanlah kami padaMu ya Rabb. Bantulah kami untuk meningkatkan kualitas ibadah kami setiap harinya. Amiiin ya Rabbal 'Alamin"

Minal aidin walfaidzin! Mohon maaf atas segala kesalahan yang tidak sengaja (dan mungkin yang sengaja wkwk) gue lakukan kepada kalian yaa. Selamat lebaran! :D

Wassalamualaikum Wr Wb.