January 11, 2012

Young Doesn't Mean You're Free

Muda bukan berarti bebas. Iya, gue cuma translate doang dari judul di atas -_- KRIK. 2012 nin, masiiiiih aja yah wakakaka. Eniwei sebelum lanjut lagi, jangan kaget ya kalo tau2 gue gila sendiri. As I've told you before, gue bener2 ingin menjadi diri gue sendiri. Gue bener2 membuang semua pertanyaan yang gue gatau harus gue lampiaskan ke siapa di blog ini. Jadi, intinya jangan kaget xixixi ^^

Kembali ke topik.

Kenapa gue membahas topik ini? Well, lingkungan sekitar yang 'memaksa' gue buat ngebahasnya. Karena, jujur aja ya, gue udah memendam dari kapan tau.

Banyak banget remaja seusia gue yang memanfaatkan masa remajanya dengan hal-hal yang menurut gue ga perlu. Such as, smoking and stuffs.

Smoking. Well, I'm okay with that. Correct, I'm trying to feel okay with that. Kenapa? Lagi-lagi, lingkungan yang membuat gue terbiasa.

Jujur aja, gue sebenernya ga suka ngeliat orang ngerokok, eventhou my dad also smokes sometimes. Gue bukannya membenci perokok, tapi, gue cuma ga suka kalo pas dia ngerokok. I mean, apasih yang lo dapet setelah lo ngerokok? Kepuasan? Kenikmatan? Ngerasa oke? Hey, rasa nikmat itu cuma buat sesaat loh. Karena saat lo ngerokok, sama aja lo menyakiti diri lo sendiri. Paru-paru lo bisa rusak, nafas lo ga enak, gigi lo rusak, dan banyak hal merugikan lainnya. Dampaknya ga cuma ke lo doang, tapi juga bisa kena ke orang sekitar lo alias mereka jadi perokok pasif. Ehm, lo tega? :(

Setelah lo ngerokok, pasti bakalan timbul niatan lo buat minum. Man! Mending lo minum aquaaaa. Aqua itu jauh lebih sehat. Atau ngga banter2 lo minum sprite ajadah. Jangaaan minum something like that. Sumpah, asli, beneran banget, gue takut sama orang yang mabok. Orang mabuk itu kan ada di alam bawah sadar gitu ya, bisa dibilang gitu. Jadiiii ya apapun yang dia lakukan pasti ngaco.
Gue pengen cerita nih. Tadi gue naik angkot. Udah malem, jam 8an gitu. Di angkot itu cuma ada gue, abangnya, ama temennya. Pertama mereka ngerokok, and I tried to be cool. Gue berusaha untuk fine2 aja padahal hati gue bergejolak -_- terus ya tau-tau abang yang nyetirnya minum minuman kaleng. Gue ga tau apa yang dia minum. Tapi firasat gue mengatakan kalo itu bir (pletok. Wk kaga deng -_-). Beneran deh firasat gue kuat banget menyatakan kalo itu bir. Tapi lagi-lagi, I tried to be cool. Sampe pas gue lewat apartemen, temen abangnya bilang "eh itutuh, minum bir di atas apartemen enak banget. Hahaha!"
ALAMAK.
Gue makin panik. Gue langsung istighfar. Langsung terbesit pikiran yang engga2 di otak gue. Hiiii yaoloh amit-amiiit. Rasanya gue pengen turun buru-buru dari itu angkot. Udah mana gue sendirian. Cewek lagi. Eh bentar, gue udah bilang kan kalo gue itu cewek?
Terus akhirnya gue nyari pangkalan ojek. Pas nemu langsung buru-buru gue stop tuh angkot. Langsung deh gue turun. Hiiii sumpah, gak lagi-lagi ya Allah. Jangan sampeeee dapet abang angkot yang begini lagi.

Another story about orang mabuk, pernah juga gue alamin. Dan ini di angkot, LAGI.
Waktu itu gue abis les. Dan gue pulang malem juga. Sebenernya di angkot itu rame, banyak mommy-mommy. Karena rame, gue langsung asal duduk aja di tempat yang gue liat kosong which is di sebelah auntie-auntie dan mas-mas 20an tahun gitu.
Setelah jalan agak beberapa lama, tau-tau mas-mas di sebelah gue kepalanya jatoh ke arah gue kayak orang ngantuk terus ketiduran gitu loh. Alhamdulillah belom bener2 jatoh ke pundak gue sih, tapikan yaaa tetep aja serem gitu ya. Nah itu berkali2 kayak gitu. Sampe akhirnya....
Auntie-auntie di sebelah gue nyolek gue. Terus mouthing, bilang kalo mas-mas di sebelah gue mabok. Mampus banget kan ya gue paniknya udah kayak apaan coba. Terus mommy-mommy di depan gue kayak ngasih celah biar gue duduk di sampingnya gitu deh. Langsung aja gue pindah. Namun beberapa saat kemudian, gerombolan mommy-mommy dan auntie-auntie itu satu per satu turun. Tinggallah gue sama satu mbak-mbak kuliahan. I tried to be cool, soalnya gue punya temen. Eeeeh tau-tau si orang mabok itu ngajakin gue ama mbak-mbak itu ngomong. Walamak gue langsung buru-buru nyetop angkotnya buat pindah ke angkot lain. Eeeh tau-tau mbaknya ngikut wkwk gapapa deh ya yang penting yang ngikut bukan mas-masnya.
So guys, I'm telling you, ga usah deh yaaa minum beginian. Lagi-lagi, efeknya ga cuma buat lo doang. Tapi buat orang sekitar lo juga. Mereka bakalan kena dampak dari perbuatan yang sebenernya ga lo sengaja. Hm...

Step selanjutnya, lo bakalan tertarik sama drugs. Kalo yang ini bener-bener deh, jangaaan yaoloh jangan sampe. Lo udah ngga sayang lagi sama diri lo kalo lo sampe tertarik buat mencoba. Sama seperti yang udah gue bilang, kenikmatan yang lo rasa hanyalah untuk sesaat, mbakbro.

Ga cuma tiga hal itu aja. Masih banyak lagi sesuatu yang sebenernya ga penting buat kita, malah kita coba. Sayang banget kalo pas muda ini kita gampang terbawa arus. Karena menurut gue, di saat muda inilah proses kita untuk menemukan jati diri kita sendiri :)

Bukan berarti lo gabisa nikmatin masa muda lo kalo lo jauh dari hal-hal terlarang. Justru kita harus seneng, karena insyaAllah kita bisa hidup sehat. Mendingan di masa muda ini kita gunain untuk berbagi, nyari pengalaman positif, gali potensi, dan buanyak lagi. Pokoknya out of those 'forbidden' things.

Guys, we all know that we're only young once. Tapi, haruskah kesempatan sekali yang kita dapat itu kita gunakan dengan sia-sia? Justru karena hanya sekali inilah, kita harus bisa jadi orang yang berguna bagi semua orang.

Forbidden fruits are the sweetest ones. Eventhou they're sweet, they're still poisonous and dangerous to be eaten ;)

Xo,

No comments: