April 21, 2013

A Posting About UN

Hi everyone! I'm so happy that I've done the national exam.Well, usaha udah. Semua hal tentang UN sudah terjalani, berarti sekarang tinggal terus do'a aja dan fokus masalah perguruan tinggi. Hehe, minta doanya yah  :-)

Rasanya ga lengkap kalo ga ceritain soal UN kemarin di sini. Secara gitu loh ya, UN tahun ini tuh kontroversial banget hahah. Agak lebay sih kalo gue sebut 'kontroversial'. Tapi gimana ya, I don't know what other words to say, lol.

Di mata gue, UN tahun ini tuh gagal. Pake banget ga ya? Boleh deh. Mungkin ibarat kalo ini pensi atau proker yang dilaksanain sama anak OSIS, ntar kakak-kakaknya ngeevaluasi adek-adeknya sambil ngomel-ngomel bilang, "Kalian tuh gagal, dek! Gagal! Fatal tau gak?!" (pengalaman ceritanya, hahah) dan yah, gue beneran ngebayangin hal itu terjadi sama mereka yang bertanggung jawab atas pelaksanaan UN ini, wkwk. Tapi memang sih, pada kenyataannya ada beberapa kesalahan fatal yang terjadi di pelaksanaan UN SMA kemarin.

Kesalahan fatal yang pertama adalah diundurnya jadwal UN di 11 provinsi yang pada akhirnya menyebabkan tidak serempaknya pelaksanaan UN SMA (dan sederajat) di seluruh Indonesia. Guys, 11 provinsi loh. Ada 11. Bukan cuma dua atau tiga provinsi. I mean, hey, itu mereka sebelumnya ngapain aja sih? Masa sih bisa kejadian hal yang kayak gitu? Masalahnya, ini hal yang bikin pemerintah terlihat ga profesional. Ditambah lagi sama alasan telat cetak karena ada satu dan lain hal. Maksud gue, emang H-beberapa minggu sebelum pelaksanaan mereka ga ngecek kelengkapan semua hal? Emang mereka ga punya catetan to do list gitu, atau catetan hal apa aja yang harus udah siap H-sekian hari atau sekian minggu. Man, ini program gede loh. Se-Indonesia. Bisa gitu ya pelaksanaannya ga serempak..baru pertama kali denger..

Banyak hal yang dikhawatirkan karena ga serempaknya pelaksanaan UN kali ini. Yang paling dicemasin adalah makin banyaknya soal-soal dan jawaban yang bocor. Pas gue nonton di tv, hal ini juga dibahas. Dan jawaban atas pertanyaan "Bagaimana dengan kebocoran soal dan jawaban? Sekarang ini anak-anak di provinsi yang bersangkutan sedang sibuk mencari soal dan jawaban" ditanggapi dengan, "Soal tersebut dibedakan. Memang sudah seperti itu". Terus gue mikir, meskipun dibedain kan bukan berarti 100% beda. Pasti, at least, ada beberapa soal yang sama kan?

Kesalahan yang kedua adalah LJKUN yang ga pewe buat dibuletin. Ini sih gue sekadar mau curhat aja yah. LJKUN Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris adalah LJKUN yang tergapewe sepanjang masa pengalaman gue dalam hal bulat-membulatkan LJK. Kalo kata temen gue sih, LJKnya bakalan keapus once you erase it. Jadi misalnya lo salah ngebuletin dan pengen ngapus buat dibenerin, eh tapi yang terjadi malah LJKnya keapus. Kalo pengalaman gue sendiri, LJK gue kebawa gitu serat-seratnya sembari gue membulatkan bulatannya. Padahal gue sudah mengikuti kaidah bulat-membulatkan dengan benar dan dengan penuh kasih sayang! Alhasil, gue menyiasatinya dengan menghitamkan LJKnya searah dan lebih berhati-hati.

Well, entah kenapa, tapi gue merasa UN 2013 ini ga semudah apa yang gue bayangkan, berdasarkan pengalaman kakak kelas gue. Karena di mana-mana setiap gue belajar buat UN, pasti dikomentarin "udah, UN mah santai aja. Soalnya gampang kok. Kayak butiran debu..". Butiran debu....??

Yah intinya, UN ga semudah butiran debu juga sih. Nyatanya banyak yang bilang susah juga kok di beberapa pelajaran. Berarti ga cuma opini gue doang kan? Haha.

Anyway, gue denger-denger ada kabar berkicau kalo tahun ini bakal dilulusin 100% karena adanya kesalahan-kesalahan teknis itu. Belum tau juga sih bener atau engga. Yah, kalo bener berarti Alhamdulillah banget. Seenggaknya itu bisa jadi bentuk permohonan maaf pemerintah pada siswa/i kelas 12 tahun ini, lol *ketawa jahat*. Kabar burung lain yang gue denger, katanya tahun depan UN ditiadakan? Ah, ini sih enak banget. Tapi gue sempet liat sih tweet Pak Beye (yang baru launching itu) yang kurang lebih isinya, 'Apakah Anda setuju jika UN dihapus? Jika setuju, retweet tweet ini'. Duh Bapak, coba Pak Beye launching twitternya udah lebih dulu dan ngetweet kayak gitu sebelum UN tahun ini terlaksana. Cinta banget deh saya sama Bapak..

Well, semoga aja kesalahan-kesalahan kecil atau besar yang terjadi pada UN SMA kemarin ga terulang di UN SMP, SD, atau UN tahun-tahun berikutnya. Anyway, good luck adik-adik kelas 9 dan 6 yang bentar lagi bakalan UN juga! Semangat! Kalian pasti bisa!

Ehm, tiba-tiba kebayang lagi sama gue yang kakak OSIS ngeevaluasi hasil kerja juniornya. Langsung muncul senior-senior gue di OSIS yang dulu galak-galak dan menyeramkan lagi ngevaluasi pemerintah..

"Kalian tuh gagal, dek! Gagal! Fatal tau gak?! Fatal! Tau gak kesalahan kalian apa aja?!!"

Lol, mohon jangan diambil hati. Bukan maksud menyinggung pihak mana pun. Hanya guyonan seorang siswi yang kesenengan karena UN baru aja selesai..

Peace,

 

No comments: